Senin, 22 Oktober 2012

Pembuatan Database MySql Dengan Xampp


Cara pembuatan Database MySql menggunakan fasilitas Xampp.
Gambaran umumnya sebagai berikut, Database nya akan saya beri nama Nilai Mahasiswa yang mempunyai tabel yaitu : DtMataKuliah

1. Buka Xampp dengan cara klik icon xampp pada Dock


2. Klik tombol Start pada Apache, dan juga klik tombol Start pada MySql.


3. Pastikan Apache dan MySql dalam keadaan Running ( Apache & My Sql berwarna hijau )

4. Buka Firefox , Atau boleh juga menggunakan Browser lain.

5. Sekarang kita telah masuk ketampilan halaman muka Firefox. Selanjutnya masukkan alamat berikut ke kolom Address : http://localhost/phpmyadmin

6. Klik Go atau tekan Enter.

7. Gambar berikut ini adalah tampilan halaman muka Xampp.


8. Sekarang kita telah siap untuk membuat Database. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberi nama pada database kita. Pada kali ini nama Databasenya adalah NilaiMahasiswa. Caranya pada kolom Create new database ketik NilaiMahasiswa kemudian klik tombol Create disampingnya.

9. Selanjutnya kita membuat tabel DtMataKuliah dengan cara
yaitu pada Name ketik DtMataKuliah dengan Number of fields 3, kemudian klik Go

10. Lengkapi dengan ketentuan berikut.
Field : KodeMK, Type : VARCHAR, Length/Values : 5, Index : PRIMARY

11. Untuk field yang ke 2, Lengkapi dengan ketentuan berikut.
Field : NamaMK, Type : VARCHAR, Length/Values : 20

12. Untuk field yang ke 3, lengkapi dengan ketentuan berikut.
Field : SKS, Type : INT,  Length/Values : 1
Seperti gambar dibawah ini:



13. Setelah selesai klik tombol Save untuk menyimpan tabel.

14. Sekarang tabel DtMataKuliah telah selesai dibuat.


15. Sampai disini Database NilaiMahasiswa telah selesai dibuat. Untuk memastikan bahwa Database NilaiMahasiswa telah tersimpan, cobalah buka Folder xampp di Applications pada komputer anda, lalu klik xampp file> Var> mysql > NilaiMahasiswa. Perhatikan folder dengan nama NilaiMahasiswa telah ada

 

Sepintas Tentang Alfa

ALIF orang tua gw kasih nama ke gw,kenapa gw di kasih nama alif…? katanya sih…karena gw anak pertama. tapi orang-orang seringnya manggil gw “alip”,pakenya “p” bukan “f”.yaaa…maklumlah gw lahir dijawa.cz lidah orang jawa susah lo bilang “ef” tetep ja kepleset jadi “ep”. Desa kuta itu tmpat gw lahir,tapi bukan kuta bali lhoooo… desa kuta adalah sebuah desa yang terletak di jateng tepatnya kec belik kab pemalang,eeeittt tapi jangan salah lho,,desa kuta g kalah indahnya sama kuta bali. Gw tinggal di desa kuta bersama ortu gw n 2 orang adek,,,yg cantik n cakep.cuma gw ja kali yach yang g cakep,yach maklumlah orang ndeso “imut” kalo orang orang bilang.”item mutlak”to iu imidesu. Ngomong ngomong tentang sekolah….Selengkapnya tentang Alfa

Navigasi

Info